Jumat, 13 Januari 2012

Anak yang meninggal, bantu orang tuanya masuk surga?

Sejumlah hadist shahih menyebutkan, anak kecil (balita atau belum balig) yang meninggal dunia, dan dipastikan masuk surga karena belum mempunyai dosa, bisa membantu orang tuanya di akhirat kelak, selama orang tua tersebut orang beriman. Benar pula bahwa hal itu juga tergantung kelakuan orang tuanya.
Diriwayatkan, seorang sahabat bernama Abu Hissan berkata "Saya mengatakan kepada Abu Hurairah, bahwa dua orang anakku telah meninggal dunia. Adakah berita (hadits) Rasulullah Saw yang dapat engkau sampaikan kepadaku yang dapat menyenangkan hati kami berkenaan dengan anak kami yang meninggal dunia itu?" Abu Hurairah menjawab : Ada! Anak-anak kecil (yang meninggal) menjadi kanak-kanak surga, ditemuinya kedua ibu bapaknya, lalu dipegangnya pakaian ibu bapaknya ~~sebagaimana saya memegang tepi pakaian ini~~ dan tidak berhenti (memegang pakaian) sampai Allah memasukkannya dan kedua ibu bapaknya kedalam surga.(HR. Muslim).
Tiada di antara kalian perempuan yang ditinggal mati tiga anak-anaknya kecuali ketiga anak tersebut menjadi penghalang (hijab) bagi perempuan itu dari api neraka. Seorang perempuan bertanya, "Dan dari dua orang anak?" Jawab Rasul, "(Ya)" dari dua orang anak.
Perempuan mana pun yang ditinggal mati oleh tiga orang anaknya, maka ketiga anaknya itu akan menjadi dinding baginya dari api neraka." (HR. Bukhari dari Abu Sa'id Al Khudri).
"Anak-anak kecil (menjadi) kunang-kunang di dalam surga, seorang di antara mereka menemui ayahnya, memegang bajunya tidak berhenti sampai Allah memasukkan dia dan ayahnya ke dalam surga" (HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim dari Abu Hurairah).
 Menurut Hadist Qudsi, Allah SWT berfirman pada hari kiamat kepada anak-anak : "Masuklah kalian ke dalam surga!" Anak-anak itu berkata : "Ya Rabbi (kami menunggu) hingga ayah ibu kami masuk." Lalu mereka medekati pintu surga! tapi tidak mau masuk ke dalamnya. Allah berfirman lagi : "Mengapa, Aku lihat mereka enggan masuk? Masuklah kalian kedalam surga!" Mereka menjawab : "Tetapi (bagaimana) orang tua kami?" Allah pun berfirman : "Masuklah kalian ke dalam surga bersama orang tua kalian." (Hadist Qudsi Riwayat Ahmad). Wallahu a'lam.
Sumber : Bulletin "Uswah" Bulletin Dakwah dan Informasi Pusdai Jabar
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar